Ahmad Sa'didin | Maximize Your Potential - WordPress.com
Ahmad Sa'didin | Maximize Your Potential - WordPress.com
Sumber poto: Ahmad Sa’didin | WordPress.com

Sukses tidak akan datang dengan sendirinya. Kita yang harus mendatanginya dan mengusahakannya. William Jennings Bryan mengatakan, destiny is not a matter of chance, it is a matter of choice. It is not thing to be waited for, it is a thing to be achieved, takdir bukanlah soal kesempatan, ia adalah soal pilihan. Ia bukan untuk dinantikan, ia harus dicapai dan diperjuangkan.

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadisnya, bahwa: Aku diutus ke muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak. Dalam hadis lain disebutkan; Sebaik-baik manusia ialah yang paling bermanfaat  bagi orang lain. Langkah yang menentukan keberhasilan bisnis Rasulullah adalah kemampuannya dalam leadership dan manajemen. Seorang berbisnis harus memiliki kedua modal ini yang mendambakan kesuksesan sejati, yaitu kemampuan memimpin dan mengendalikan diri. Rasulullah SAW adalah sosok yang mengutamakan kebenaran, bukan pembenaran, kejujuran bukan keinginan. Beliau sangat amanah dalam memegang janji. Tidak ada satu orang pun yang pernah berinteraksi dengan beliau kecuali mendapat kepuasan yang luar biasa.

Rasulullah sangat menjaga harga diri, kehormatan dan kemuliaannya dalam proses interaksi bisnisnya ini. Bagi beliau, bisnis tidak sekadar perputaran uang dan barang, tapi ada yang lebih tinggi dari semua itu, yaitu menjaga kehormatan diri. Sehingga keuntungan apapun yang beliau dapatkan, maka kemuliaannya justru semakin tinggi. Inilah aset termahal yang akan mendatangkan kepercayaan dari para pemilik modal. Sesungguhnya modal terbesar dari pengusaha sukses, pemimpin sukses atau ilmuan sukses adalah iman, ilmu ikhlas, itqon (tekun), istiqomah dan integritas diri. Kerja yang dibangun di atas etos kerja yang tinggi dan pembangunan karir kehormatan sebagai seorang jujur dan amanah akan membuahkan kepribadian serta hasil kerja yang bermutu tinggi.

Salah satu kunci untuk meraih kesuksesan, kita harus memiliki belas kasih kepada sesama. Yang merupakan luapan emosi positif dan keluar menjadi tindakan untuk menolong orang lain yang kesulitan dan membutuhkan pertolongan. Ikutilah suara hati yang telah Allah tiupkan ke dalam ruh kita yang terdapat dalam Al-Asmaul Husna.

Teringat kata Zig Ziglar, ia mengatakan: Jika Anda membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan, Anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan.

Satu hal yang harus diingat, apabila kita melakukan suatu kebaikan, yakni jangan pernah untuk mengingat-ingat kebaikan yang kita lakukan dan jangan karna untuk mengharapkan imbalan apapun. Niatkan semua itu karena Allah SWT, dengan begitu kita akan dihargai oleh orang lain dan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Repoter : Kholisah

Editor     : Sobirin