Fashion muslim road show

Jumlah perempuan yang mengenakan jilbab dan pakaian busana muslim beberapa tahun belakangan ini telah meningkat di Indonesia. Apakah memang semata-mata hanya sebagai trend atau memang sebagai bukti dari identitas muslimah perempuan sejati. Namun, hal ini semakin menampilkan keindahan cara perempuan muslim Indonesia untuk menunjukkan identitasnya. Saat ini,  Indonesia Islamic Fashion Consorium (IIFC) telah menggelar road show di Eropa, Asia dan Timur Tengah untuk memperkenalkan desain busana muslim Indonesia ke internasional.  Bahkan desainer lokal dan retailer (pengecer) yang dipimpin oleh kelompok industri Konsorsium Mode Islam Indonesia memiliki rencana untuk memperluas komponen busana Muslim dan mengharapkan Indonesia sebagai pusat busana Fashion Muslim global pada tahun 2020.

Disamping itu, acara International Islamic Fair (IIF) mengadakan banyak program salah satunya Fashion Expo. Acara ini sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada desainer-desainer berbakat dalam hal busana fashion muslim. Seiring dengan ambisi Indonesia untuk menjadi pusat busana muslim dunia, IIF 2016 yang diadakan Oktober lalu telah menampilkan lebih dari 50 perancang busana dan blogger designer dari Indonesia dan mancanegara. Fashion exhibition  menghadirkan berbagai karya perancang busana berkelas serta perancang yang sukses dalam penjualan online. Acara lain yang diadakan adalah talkshow, demo kecantikan  fashion show dan seminar fashion forecast busana muslim. Pada saat demo Fashion show, mereka menampilkan fashion muslim karya Oki Setiana Dewi, Lia Afif, Lily Gunawan, Mahdalia Makkulau, Khanaan Samlan, Mila Meliasari, Eugenea, Indah Ederra, Enhaye, dan Ayu Husin.

Juru bicara Industri Zalora berusaha untuk menghasilkan produk baru agar masyarakat tidak kesulitan dalam memilih, mereka juga membantu industri busana Muslim untuk tumbuh dan menumbuhkan minat dalam mengenakan busana Muslim menjadi trend di Asia Tenggara. Disamping itu, Amalina Amman desainer busana muslim Australia memberi apresiasi pada Indonesia, “Banyak variasi gaya busana muslim di Indonesia dan busana muslim Indonesia begitu menakjubkan”, ucapnya.

Para Desainer Terkenal Indonesia seperti Dian Pelangi, Zaskia Sungkar dan lainnya telah berhasil mengembangkan sayapnya di lokal maupun Internasional. Adanya fashion busana muslim ini membawa perubahan positif pada dunia untuk menepis adanya persepsi negatif  mengenai muslim ekstrim.  Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim terbesar sudah menjadi salah satu pemain utama dengan industri fashion lokal yang diperkirakan bernilai 6,6 miliar dolar AS per tahun (Pathoni, 2012). “Busana muslim kini telah dipakai oleh semakin banyak orang. Produsen baru pun banyak bermunculan. Ini adalah penggerak ekonomi yang luar biasa. Kita yang memproduksi, kita pula yang memakai”, kata Jetti R. Hadi pemimpin redaksi majalah Noor

Indonesia menawarkan kreativitas yang tak terbatas khususnya dalam fashion busana muslim Busana muslim tidak lagi terkesan kuno atau kaku. Fashion busana muslim telah menjadi bagian dari busana keseharian yang dapat berdampingan secara harmoni dengan budaya modern. Industri Fashion busana muslim terus menerus melahirkan komunitas baru yang semakin lama semakin besar. Komunitas ini melahirkan ide-ide segar yang memperkaya gaya dunia fashion muslim.

 

Reporter: Nabila Paramitha

Editor: Oby