Puncak Anai (Credit : Muslim AR)

 

Islamilenia.com, Padang Pariaman — Lembah Anai, sebuah lembah dari Kota Padangpanjang, Kota para santri. Kawasan yang menjadi daerah perlintasan menuju ibukota Provinsi Sumatera Barat itu menyimpan banyak kedindahan. Mulai dari tempat pelepas lelah dalam perjalanan darat, hingga arena bermain dan juga tempat yang cocok untuk mencari ketenangan, bisa juga untuk menjenguk kenangan.

Sebuah air terjun yang sudah amat terkenal diseantero Sumatera Barat, Air terjun yang di sampingnya ada rel kereta api. Dahulu kala, saat Belanda masih menjajah Republik ini, rel itu berujung di Riau sana. Tak hanya air terjun nan cantik, di lembah Anai juga memiliki resort bernama Malibo Anai dengan resortnya yang menawan itu.

Jika lembah nan sejuk tak mampu membuat anda tenang, cobalah berjalan sedikit lebih tinggi dari lembah Anai. Tak jauh dari sana, ada sebuah Panorama alam yang bernama Puncak Anai. Rugi rasanya jika kita tidak dapat menyempatkan diri berkunjung ke sini.

Puncak Anai merupakan sebuah Panorama yang terletak di Puncak sebuah Bukit di Kandang Ampek, Kenagarian Guguk, Kecamatan 2×11 Kayutanam, Padang Pariaman.

Di tempat ini terdapat sebuah Air Mancur yang dipancarkan dari dasar kolam dengan ketinggian sekitar 2 meter dan pastinya kita akan dapat memanjakan diri sejenak dengan menikmati pemandangan alam yang dapat membantu kita dalam melepas lelah.

Tempat ini agak jauh dari perkampungan, sekitar 2-3 Km dari jalan raya yang menghubungkan Bukittinggi-Padang. Akses jalan ke area ini sangat mulus dan sepi dari lalu lintas kendaraan dengan pemandangan hutan yang masih alami di kiri-kanannya.

Objek wisata ini baru dibuka untuk umum pada Tahun 2013 yang kemaren, disini disediakan sebuah area khusus untuk Camping Ground yang mampu menampung ratusan tenda bagi mereka yang gemar dengan petualangan di alam bebas dengan tarif Rp.25.000 per orang sehingga cocok sekali bagi Mahasiswa dan Pelajar yang mencintai alam.

Tempat ini sangat bagus bagi wisatawan yang sekedar ingin berenang bersama keluarga, karena di tempat ini terdapat tiga buah kolam pemandian untuk Dewasa,Remaja dan Anak-anak. Dan masih ada lagi dua buah Kolam besar lainnya yang masih dalam tahap pengembangan.

Setiap orang dikenai biaya sebesar Rp 10.000 untuk memasuki area ini, itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Selain itu disini tersedia ruang ganti pakaian dan toilet yang bersih serta sebuah Cafe yang menyediakan makan dan minuman.

Suasana di sini sangat sejuk dan sepi ditambah kelembutan angin yang berhembus dari pucuk pohon Pinus akan membuat kita betah berlama-lama di Puncak Anai ini dengan nuansa alam yang masih asri.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini kita tak perlu khawatir karena Puncak Anai berada di Kawasan Wisata Malibo Anai yang sudah terkenal. Disarankan kepada wisatawan agar membawa kendaraan pribadi karena tidak ada Angkot yang beroperasi hingga ke Puncak ini.

Di kawasan puncak anai juga tersedia lapangan golf mini, yang bisa anda gunakan untuk mengisi liburan anda. Selain itu fasilitas yang ada di puncak anai terbilang sudah mencukupi. Ini terlihat dari adanya villa penginapan yang tersedia di sini.

Kulinernya juga tak mau kalah, banyak sekali aneka makanan yang tersedia di tempat ini. Dan di sediakan juga tempat bersantai seperti pondok-pondok yang terbuat dari batuan alam. hemm.. Selain anda di manjakan oleh pemandangan alam, lidah anda juga akan di manjakan di sini.

Pemandian puncak anai ini, juga dekat dengan pemandian tirta alami serta air terjun lembah anai. Jadi bagi travelleryang berkunjung ke pemandian tirta alami dan sekitar, jangan lupa untuk mampir ke pemandian puncak anai ini, meskipun agak sedikit panas karena berada di ketinggian dan juga kolam pemandian yang terbuka, tapi di jamin deh ga bakalan nyesel kalau datang ke tempat ini.

Anai Resort merupakan sebuah objek wisata alami di kaki Gunung Tandikek yang didukung udara nan sejuk. Lingkungan hutan tropis yang mengelilingi objek wisata ini sangat cocok bagi orang-orang kota yang bosan hidup di tengah kebisingan serta kepulan asap knalpot kendaraan dan debu berterbangan yang me­nyesakkan napas. Di objek wisata Anai Resort, pengunjung bisa menghirup udara segar pegunungan. Se­sekali, pengunjung juga bisa mendengar bunyi-bunyi bi­natang rimba, yang bersuara memecah kesunyian.

 

Anai Resort dibangun tahun 1996 di bawah pengelolaan PT Andalas Anai Permai Inter­nasional. Diresmikan oleh Az­war Anas sebagai Menko Kesra.

Di kawasan seluas 400 hektar itu tersedia akomodasi untuk menginap, yaitu 10 unit vila, dengan total 68 beds dan 34 kamar. Kamar Superior di Wis­ma Tandikek dengan 12 kamar.

Tersedia juga ruang meeting “Balairung Anai” dengan fas­i­litas standar meeting room ber­daya tampung 150 orang. Ada juga pemandian alami dengan permainan outbound (per­mai­nan air dan flying fox), ATV Road dan menjelajah hutan tropis alami, Wisata Puncak Anai dengan lokasi camping.

Konsep bangunan vila Anai Resort tetap mengedepankan keaslian alam sekitar, sehingga Anai Resort akan tetap menjadi natural mountain resort bagi pecinta alam.

Dan bagi kalangan elit, tersedia lapangan golf, beserta restoran. Namun sejak beberapa waktu belakangan, lapangan golf itu ditutup lantaran tingginya biaya operasional.

Puncak Anai dan Anai Resort berada di Kabupaten Padang Pariaman. Dari Bandara International Minangkabau (BIM) berjarak 40 km arah Kota Bukittinggi atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan sebelum objek wisata Air Mancur.

Tertarik? Ayo kunjungi Puncak Anai dan rasakan sendiri kesejukan tempat ini.

 

(Ed/2)