Junanto Herdiawan Dengan Pak Musa
Foto Junanto Herdiawan Dengan Pak Musa

Pak Musa Anshory mungkin bukan siapa-siapa. Ia pensiunan staf lokal di KBRI London. Selama 40 tahun ia mengabdi di sana. Tapi bukan itu yang menarik. Perjalanan hidup, arti bahagia, dan rahasia panjang umur. Itu yang menarik dari ngobrol-ngobrol saya dengan Pak Musa di pesawat sepanjang perjalanan kemarin.

 

Usia Pak Musa kini 84 tahun dan masih traveling. Sendirian pula. Udah biasa katanya. Ya, sepanjang hidupnya, Pak Musa melakukan traveling. Keliling dunia. Pernah tinggal di Mesir, Libanon, Syria, Jerman, hingga kini di London. Lalu dari mana uangnya?

Dari Allah !!!

 

Ya, Pak Musa bukan orang kaya. Asalnya dari desa kecil di Indramayu. Modalnya nekat sih. Dari tidak punya apa-apa hingga terdampar di London. Kini ia punya dua rumah di London, dua rumah di Indramayu. Punya mobil Mercedes dan Rolls Royce.

 

Sekedarnya. Alhamdulillah. Hidup itu yang penting pasrah dan sabar. Resep bahagia. Jangan sering mengeluh. Itu tanda gak bersyukur. Begitu ujarnya.

 

“Saya bukan siapa-siapa pak, bukan pejabat, ga punya pangkat, tapi di usia 84 tahun ini saya bahagia, di mana-mana dihormati orang karena saya orang tua hehe…”, demikian Pak Musa sambil terkekeh.

 

Hehehe bener juga. Terima kasih Pak ! …

Tak ada yang kebetulan di dunia ini, termasuk pertemuan kita berdua. So, ilmu pak Musa saya share di sini agar kita sama-sama bisa belajar, arti hidup, arti bahagia, dan bagaimana meraih kebaikan/hasanah dunia, insyaallah di akhirat juga.
Salam

Penulis: Junanto Herdiawan