Pemungutan suara nama yayasan dalam rapat kerja yayasan Islamilenia Foundation di vila Bukit Pancawati Bogor. Jum'at (11/2/17). Islamilenia.com/Zakhi

Dalam sebuah organisasi memang sudah ada pembagian tugas. Setiap bagian memiliki job description sendiri-sendiri yang harus dikerjakannya. Masing-masing bidang bertanggung jawab atas keberhasilannya tugasnya.

Namun sesungguhnya, tanggung jawab keberhasilan organisasi secara keseluruhan adalah tanggung jawab bersama. Tidak berarti yang bertugas di bagian urusan administrasi hanya bertanggung jawab pada masalah itu saja. Demikian pula yang bertugas di bagian sarana prasarana, dan seterusnya.

Sebab, kalau yang dipikirkan hanya tugas di bagiannya saja tanpa memperdulikan bagian yang lain, maka ketidakseimbangan organisasi mungkin saja terganggu. Di sinilah perlunya koordinasi antar satu bagian dengan bagian yang lain. Fungsi manajer atau pemimpin organisasi sangat penting dalam hal ini.

Organisasi itu hakikatnya merupakan satu kesatuan. Ia bisa diibaratkan dengan tubuh manusia yang terdiri dari berbagai organ. Meskipun setiap organ melaksanakan tugasnya masing-masing, tetapi mereka saling berhubungan satu dengan yang lain. Karena itulah terjadi keseimbangan dan harmoni dalam tubuh manusia.

Dengan demikian, boleh dikatakan bahwa organisasi itu bagaikan satu tubuh. Jika salah satu organ tubuh sakit, maka seluruh tubuh ikut pula merasakan sakit. Demikian pula organisasi, jika ada satu bagian yang tidak berfungsi, maka roda organisasi pun tidak dapat berjalan dengan baik. Mungkin terseok-seok atau malah jatuh.

Bagi para pemimpin organisasi, terutama yang akan mengambil estafet kepemimpinan baru, semangat untuk menggerakkan tanggung jawab bersama sangat baik. Apalagi ditambah dengan gairah untuk menjadi “lebih baik” dari yang sebelumnya.

Hanya orang-orang majulah yang berani menanamkan semangat untuk lebih baik dari para pendahulunya.
(Iding Rosyidin)