Bersedekah, Kok Masih Nunggu Iklhas? (Credit : Egits)

Dengan bersedekah, tidak hanya orang muslim bisa memiliki polisnya dan membayar preminya langsung tembus ke langit.

Enggak percaya?, Berikut keistimewaan dari bersedekah sebagai bentuk “proteksi” asuransi yakni sebagai penolak bala (musibah).

Rasulullah Muhammad SAW bersabda,
“Bersegeralah untuk bersedekah, sebab yang namanya bala tidak akan pernah mendahului sedekah,”.

Dalam hadis lain Rasulullah bersabda,
mulai pagi harimu dengan sedekah, barang siapa yang memulai pagi harinya dengan sedekah, ia tidak akan terkena sasaran bala.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa sedekah itu mampu menolak berbagai bencana meskipun pelakunya orang kafir. Ibrahim al-Nakha’I juga berkata, sedekah mampu menangkal berbagai macam bencana walaupun pelakunya orang yang zalim.

Kedua, terhindar dari kematian yang buruk.

Imam Ja’far Shadiq berkata, pada suatu hari orang yahudi lewat dekat Rasulullah SAW lalu ia mengucapkan, “Assamu’alaika (kematian atasmu),”.

Rasulullah SAW menjawab, “Alaika (atasmu).” Lalu para sahabat berkata, “ia mengucapkan salam atasmu dengan ucapan kematian,”.

Nabi SAW bersabda, “Demikian juga jawabanku,”.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yahudi ini tengkuknya akan digigit oleh binatang yang hitam (ular dan kalajengking) dan mematikannya. Kemudian orang yahudi itu pergi mencari kayu bakar, lalu ia membawa kayu bakar yang banyak,”.

Rasulullah SAW belum meninggalkan tempat itu. Lalu orang yahudi itu lewat lagi. Maka, Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “letakkan kayu bakarmu,” pinta Rasulullah.

Ternyata, di dalam kayu bakar itu ada binatang hitam seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW dan lalu bersabda, “Wahai yahudi, amal apa yang kamu lakukan?,”.

Ia menjawab, “Aku tidak punya pekerjaan kecuali mencari kayu bakar seperti yang aku bawa ini dan aku membawa dua potong roti, lalu aku makan yang satu potong dan satu potong yang lain aku sedekahkan kepada orang miskin,”.

Maka, Rasulullah SAW bersabda, sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian yang buruk.

Ketiga, orang bersedekah bakal dijaga Allah SWT sepanjang hari.

Imam Ja’far Shadiq berkata, awali pagi harimu dengan sedekah dan gemarlah bersedekah. Tidak ada seorang mukmin pun yang bersedekah karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah untuk menolak keburukan yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu, kecuali Allah menjaganya dari keburukan apa yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu.

Keempat, mengubah takdir.

Rasulullah SAW berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib, “wahai Ali, sedekah itu dapat menolak takdir mubram (yang telah ditetapkan). Wahai Ali, silaturrahmi dapat menambah umur. Wahai Ali, tidak ada kebaikan dalam ucapan kecuali disertai perbuatan, dan tidak ada sedekah kecuali dengan niat (karena Allah),”.

Nah jadi, perbanyaklah sedekah sebagai penjagamu, tidak hanya di saat lapang. Karena sesungguhnya bersedekah saat diri dalam kesusahan juga dapat membuka pintu-pintu rejeki yang tidak pernah terduga oleh akal manusia.

Semoga Anda yang membaca tulisan ini selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu hidup dalam keberkahan. Amiin.

(Arief Budiman)