Ayat lain yang menarik perhatian saya berkaitan dengan peristiwa perang di mana kelompok yang kecil mengalahkan yang besar dan kuat: perang Badar, di mana umat Islam yang masih kecil jumlahnya mengalahkan kafir Quraisy yang jumlahnya berlipat ganda. Bagaimana mungkin hal itu terjadi? Ayat berikut ini (Ali ‘Imran: 124) memberi jawaban terhadap misteri ini dan menunjukkan adanya intervensi Tuhan dengan mengirim ribuan malaikat:

اذ تقول للمؤمنين ألن يكفيكم ان يمدكم ربكم بثلاثة آلف من الملائكة منزلين

Ingatlah ketika engkau mengatakan kepada orang-orang mukmin: “Apakah tidak cukup bagimu bahwa Allah membantumu dengan 3000 malaikat yang diturunkan (dari langit). Ayat ini mengajarkan kita bahwa kalau Allah berkehendak, Ia bisa melakukan intervensi untuk membantu siapa yang Ia kehendaki dengan kekuatan-kekuatan spiritual berupa 3000 malaikat.

Ini menunjukkan bahwa meskipun alam pada umunnya dikendalikan oleh hukum alam, itu tidak berarti bahwa Allah tidak bisa mengintervensi dan melalukan keajaiban seperti yang dikatakan kaum Muktazilah. Dan ini secara psikologis bisa menguatkan hati orang-orang yang beriman ketika menghadapi tantangan besar yang dihadapi mereka, dan juga bagi kita bisa menguatkan keyakinan kita pada hal-hal yang supernatural seperti Allah sendiri dan para malaikat yang termasuk pada rukun iman yg pertama dan yang kedua.

(Prof Mulyadhi Kartanegara)