Hari ini terakhir perkuliahan semester 2 Magister Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ada suasana yang berbeda. Ada kesan yang tidak biasa. Pertama kami sukses ‘menggiring’ salah satu dosen pengampu mata kuliah tokoh dan pemikiran ulama di Indonesia.

Ialah Dr. Syamsul Yaqin yang bersedia datang ke Rumah Kita alias bascamp tempatnya kumpul para mahasiswa Strata 2 (S2) yang terletak di Jalan Puri Intan, Kertanegara, Ciputat. Perkuliahan yang biasanya dihelat di kampus, namun kini digelar di Rumah Kita (RK). Kami merubah budaya ‘kaku’ dalam perkuliahan yang terkesan terlalu formal.

Beberapa mahasiswa ada yang serebetan (pakai) sarung dan mengenakan kaus, namun tidak mengurangi khidmat kami kepada sang dosen dan sesi perkuliahan pun tetap berjalan dengan baik.

Sebelumnya beberapa dosen pun sempat mampir sekaligus buka bersama di bulan ramadan. Pernah juga kita ‘qiyamul lail ‘ bedah tesis bersama-sama di RK.

Ini demi kekaraban dan mendobrak pembatas antara dosen dan mahasiswa. Bahwa mahasiswa dan dosen juga bisa duduk bersama, bukan hanya soal bahas materi mata kuliah namun juga bercerita tentang cinta, pengalaman hidup.

“Saya selalu merasa muda kalau sering kumpul bersama dengan mahasiswa,” kata Syamsul sambil tersenyum.

Momentum seperti ini, lanjut dia, tidak akan terulang dan baru dirasakan setelah lulus kuliah beberapa tahun kedepan.

“Suasana begini kalian bakal kangen, nanti beberapa tahun kemudian,” ujar Doktor bidang kajian Antropologi Islam jebolan Pascasarjana UIN Jakarta ini.

Namun, ada yang lebih istimewa lagi yakni salah satu mahasiswi sekaligus bendahara islamilenia.com yang kebetulan merayakan hari ulang tahun pada hari yang sama yakni Nabila Paramitha.

Nabil ini salah satu tonggak perjuangan di islamilenia.com. Di ‘tangan’ Nabila seluruh agenda perkuliahan dan keuangan organisasi diolah dengan rapih. Kami berterima kasih kepada wanita asal Medan ini. Dengan manajemen keuangan yang bagus dia bisa menghadle kegiatan-kegiatan islamilenia.

“Nabila ini salah satu orang penting di angkatan kita, kalau enggak ada Nabila keuangan organisasi enggak jalan. Bisa amburadul (kacau),” kata salah satu sahabat Nabila, Hilmi Muharromi beberapa waktu lalu.

Wanita asal Medan dan campuran Jawa ini memang terkenal tegas dan cekatan dalam hal memanajemen keuangan. Kawan-kawan islamilenia bisa makan bareng di Rumah Kita dan beberapa kali berkunjung ke tempat wisata religi bahkan acara bakti sosialpun sukses berkat bagaiamana Nabila mengelola keuangan.

Ucapan selamat ulang tahun dari kawan-kawan seperjuangan pun berdatangan melalui grup Whatsapp (WA), ada juga ucapan secara langsung.

“Alhamdulillah…
Happy milad nabila sayaang.. @⁨Nabila MKPI⁩

BarakAllah fii umrik, Allah berkahi di sisa usianya, berkah ilmunya, Allah lancarkan dan mudahkan segala urusan kluarga, kuliah juga jodohnya semakin di dekatkan. Segera lulus S2 dan menikah ya say.aamiin…,” kata Kholisah.

“barakallah fi umrik bil.. semoga smua keinginan tercapai dn berkah.. aamiin,” timpal Nizam.

“Selamat mengulang hari lahir @⁨Nabila MKPI⁩ . Semoga tangguh dan kuat dalam menjalani kehidupan?” ucap Muslim.

“Happy Milad Nabilla. Smg nikmat islam, nikmat iman, nikmat sehat dan panjang umur yg bermanfaat buat orangtua dan keluarga. Mudah rizki, mudah lulus S2 dan mudah jodoh,” tutur Bapak Usamah Hisyam.

“Selamat ulang tahun nabila. Moga yg dicita2 kan tercapai. Amin,” ujar Fanshobi.

“Selamat ulangtahun nabila…semoga sukses selalu..amin..,” kata Anisa.

“Selamat ulang tahun nabila semoga panjang umur sehat selalu, mendapatkan nd menjadi yg trbaik.. Aamiin,” ucap Alfani.

Dan masih banyak lagi ucapan-ucapan selamat hari ulang tahun kepada gadis Medan tersebut.

Banyaknya ucapan dan doa untuk Nabila menandakan bahwa sahabat-sahabatnya cinta dan sayang kepada dia. Cinta dalam hal persahabatan dan sayang dalam hal pertemanan.

Kue ulang tahun dan beberapa lilin pun ditiup dengan penuh doa dan harapan dari Nabila.

“Selamat ulang tahun Nabila,” ucap teman-teman islamilenia.com sambil bertepuk tangan.

Kami dari tim redaksi mengucapkan selamat bertambah umur, semoga Nabila berkah dalam hidup, makin solehah, sukses dalam karir, bisa jadi kebanggaan orang tua dan keluarga, serta mendapat jodoh yang diridoi Allah SWT. Amiiin ya mujibassailien…..