Photo by Zaki
Photo by Zaki

Photo by Zaky

 

Tak ada impian yang lebih besar dari seorang ibu dan ayah selain mendapatkan dan menjadikan anaknya soleh dan solehah. tak perlu didefinikan lagi, bahwa soleh ataupun solehah sudah mencakup semuanya baik dalam aspek kepribadian, hubungan sosial, dan agama. Apa yang diinginkan orang tua yaitu baik budi pekertinya secara hubungan sosial baik dengan masyarakat, teman dan keluarga, taat secara agama dan memiliki tingkat kecerdasan atau intelektual yang tinggi.

 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan atau menjadikan anak kita soleh/solehah. Pertama, pilihlah pasangan yang berakhlak mulia dan memahami tentang agama. seperti sabda Rasulullah bahwa hal yang terpenting dari menikahi seseorang karena harta, keturunan, kecantikan maka yang paling utama adalah agamanya. Jika belum terlalu faham maka belajarlah untuk memahami agama, karena sungguh Allah sangat mencintai orang-orang yang ingin belajar.

 

Sebelum melakukan hubungan suami isteri, hendaklah berdoa agar kita terjauhkan dari syaitan yang mengganggu pada saat kita ibadah ini. Kemudian dianjurkan pula rutinlah membaca Al-Quran dan diperdengarkan dekat di dalam kandungan seorang ibu.

 

Selain itu, bacalah Quran dan berdoa meminta anak soleh dan solehah seperti QS. Al Imron: 38 “Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengarkan doa. selain itu QS. Ibrahim: 40 “Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Rabb kami, perkenankanlah doaku. dan beberapa ayat lainnya seperti Ash-Shaffaat:100, Al-Furqon;74, Al Anbiya [21] : 89, dan QS. Al Ahqof [46] : 15.

 

Dan terakhir berikanlah anak kita makanan dari hasil atau rezeki yang halal. Seperti sabda nabi bahwa tidak akan masuk ke surga sebuah jasad yang diberi dengan makan dengan yang haram.

 

Itulah hanya sebagian kecil cara agar kita mendapatkan dan menjadikan anak kita soleh dan solehah. Selain ikhtiar, dan terpenting juga adalah selalu meminta kepada Allah karena doa adalah indikator bahwa seseorang tidaklah sombong kepada Sang Pencipta.

 

Egits Ahmad

SHARE
Previous articleRindu Ayah
Next articleSabar Berproses