Semua orang ingin bergegas. Semua orang ingin cepat. Semua ingin bersegera mendapatkan hasil dan kesuksesan. Semua ingin instan. Apakah benar demikian?

Banyak yang tidak sabar dalam kehidupan. Ingin segala sesuatu terjadi saat ini, di sini, semuanya bisa didapatkan. Hawa nafsu dan keserakahan manusia membuat ia menginginkan segalanya, tapi tidak cukup sabar dalam proses untuk mendapatkannya.

Jika melihat orang lain mendapatkan suatu kesenangan dan keberhasilan, lalu iri ingin mendapatkannya juga. Atau malah tidak senang dengan kegembiraan yang dirasakan oleh orang lain. Jangan ya.

Orang perlu belajar untuk sedikit bersabar. Di tengah zaman yang menuntut kecepatan, kesabaran menjadi barang langka. Orang ingin cepat, segera, tergesa-gesa, terburu-buru, nekat, kadang tanpa perhitungan yang matang.

Sabar ya. Bersabarlah dalam proses dan menanti. Kita bisa menjadi lebih baik dalam penantian, dengan tekun belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan. Kesempurnaan tidak didapatkan dalam semalam. Dan menjalani adalah proses untuk mendewasakan jiwa.

 

(Wikan Danar Sunindyo)