Ilustrasi Orang Sakit photo by Zaky
Ilustrasi Orang Sakit photo by Zaky

Hay saudara islamilenia, pasti pernah mengalami sakit baik itu ringan atau sangat berat sekali. Begitu pula dengan saudara-saudara kita. Lalu apa yang harus kita lakukan jika rekan kita mengalami sakit dan apa pula yang harus kita lakukan jika kita sendiri yang mengalaminya.

Pertama, jika kita bertemu atau mengunjungi orang yang sakit, maka hiburlah dia. Seperti Hadist  riwayat Tirmizi bahwa bagi orang-orang yang menerima cobaan dari Allah maka  sesungguhnya Allah sangat mencintainya. Begitulah kurang lebih secara substansinya.

Yang kedua, bukti tanda cinta Allah kepada orang yang sakit adalah dengan cara mengambil tiga perkara dari dalam dirinya dengan mengirimkan Malaikat. Yaitu raut wajah yang ceria, selera makan yang tidak enak dan dosa. Dan ketika Allah mengangkat sakit dari hambanya, Allah hanya mengirimkan dua malaikat dan mengembalikan dua perkara saja yaitu kembalinya wajah ceria dari hambanya dan selera makan. Lalu bagaimana dengan dosa? Itulah tanda cinta Allah kepada orang yang sakit dan sesungguhnya kita harus bersyukur akan hal itu.

Namun, sakit tidak menjadi alasan bagi kita untuk meninggalkan kewajiban, percayalah bahwa Allah tidak mempersulit kewajiban umat Islam bagi siapa yang bertaqwa. Kecuali orang itu sendiri yang membuat sulit dirinya sendiri.

Keren kan?!! Masih ragu bahwa Allah SWT sangat mencintai hamba-hambanya yang bertaqwa.

 

E Ahmad