Sampah Dibawah bebatuan
Sampah Dibawah bebatuan

Hay Saudara islamilenia, mau sedikit bercerita. Pagi kemarin kami lari santai menuju danau gintung, semuanya terlihat seperti biasa saja sampai saya turun ke bebatuan, ternyata banyak sekali sampah plastik yang terselip di bebatuan tersebut.

Tanpa pikir panjang saya langsung memungut plastik-plastik tersebut. Saya kira ini sedikit dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk membersihkannya. Namun ternyata tidak, setelah berkeliling dan naik-turun bebatuan itu sampah yang berhasil didapatkan banyak juga. Mungkin inilah penyebab mengapa orang-orang disini membuang sampah tidak pada tempatnya, mereka kira sampahnya tak terlihat dengan cara diselipkan dibawah batu. Alhamdulillah ada tiga orang yang membantu saya membersihkan sampahnya.

Luar biasa, hanya satu kali turun ke bebatuan saya berhasil dua kantong sampah, hari itu saya turun tiga kali ke bebatuan. jadi sekitar enam kantong sampah yang berhasil kami kumpulkan.

Sampah Dibawah bebatuan
Sampah Dibawah bebatuan

Nampaknya tempat wisata sekaligus tempat masyarakat untuk lari pagi ini kurang indah rasanya jika banyak sampah berserakan. Seperti Hadist “kebersihan adalah sebagian dari Iman”.
Rasullpun sudah mengajarkan seperti di hadist yang lain “Buanglah duri sampah dari jalan. Sesungguhnya, hal demikian itu termasuk dari sodaqahmu (sama dengan sedekah)” (HR. Bukhari).

So, jika ada teman-teman yang kebetulan olahraga di situ gintung jangan lupa bawa kantong besar untuk memungut sampah-sampah dibalik bebatuan itu hehehe.