Photo by Ucu Kholisoh
Photo by Ucu Kholisoh

Hay saudara islamilenia semoga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Baru-baru ini lagi ramai diperbicangkan salah seorang public figure yang melepaskan hijabnya dengan alasan yang belum diketahui.

Dalam tulisan ini saya hanya ingin berpendapat bukan untuk menyalahkan atau membenarkan satu pihak. Bagi saya, apapun alasannya melepaskan hijab bagi seorang muslimah tentu ini menjadi hal yang sangat prihatin. Kenapa? jika kita memiliki masalah bukan berarti harus melepaskan hijab, justru ketika kita memiliki masalah seharusnya mampu membangun kualitas diri kita menjadi lebih baik.

Hijab bukanlah pilihan, melainkan keharusan bagi setiap perempuan muslimah. Sudah jelas beberapa Firman Allah SWT yang menyerukan untuk menutup aurat.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka (QS. Al Ahzab: 59).

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya”(QS. An Nur: 31).

Photo by Ucu Kholisoh
Photo by Ucu Kholisoh

Apakah hijab melambangkan seorang yang dijamin kesalehannya? tentu tidak, namun wanita yang baik akhlak dan agamanya pasti berhijab.

Lagi pula, bagi saya hijab itu banyak sekali manfaatnya ko, selain menjalankan kewajiban seorang muslimah, manfaat lain misalnya enggak terlalu ribet untuk perawatan rambut ini dan itu agar terlihat indah, rambut juga tetap terjaga kesehatannya karena terhindar dari sinar matahari.

Dan yang lebih penting lagi laki-laki akan lebih menghormati perempuan yang berhijab daripada yang tidak mengenakannya. Sudah banyak masyarakat yang melakukan eksperimen ini, mungkin bisa dilihat di Youtube perbedaan antara perempuan berhijab dengan yang tidak.

E Ahmad