Ilustrasi Pertemuan 2 Sahabat Photo by @Zakhi Hidayatullah
Ilustrasi Pertemuan 2 Sahabat Photo by @Zakhi Hidayatullah

Hay saudara islamileniaku, sering kali kita berjumpa kawan yang sedang mengalami pertengkaran dengan kawannya sendiri. Mungkin cerita ini bisa memberi pesan kepada kita bahwa alangkah baiknya segala sesuatu dibicarakan dengan hati yang tenang dan berterus terang.

Suatu hari Umar pernah curhat kepada Rasul bahwa ia sedang ada masalah dengan sahabatnya juga yaitu Abu Bakar. Setelah Rasul menenangkan hati Umar, ia bercerita bahwa ia bertemu dengan Abu Bakar namun ia diam saja dan tak memberi salam kepadanya. Umar berfikir kesalahan apa yang ia perbuat sehingga Abu Bakar mendiamkannya.

Ilustrasi Pertemuan 2 Sahabat Photo by @Zakhi Hidayatullah
Ilustrasi Pertemuan 2 Sahabat Photo by @Zakhi Hidayatullah

Akhirnya Rasullullah pun tidak ingin masalah ini memecah persaudaraan dan persahabatan karena beliau sangat mencintai keduanya, maka Rasullulah mempertemukan keduanya untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Rasullulah bertanya kepada Abu Bakar apa yang sebenarnya terjadi antara ia dengan Umar. dan Abu Bakar menjawab;
“Wahai Rasulullah, aku pernah mendengar Engkau bersabda:
“Bahwasanya orang yg lebih dahulu mengucapkan salam kepada saudaranya, maka Allah akan membangunkan untuknya satu istana di dalam syurga”.
“Maka aku ingin istana tersebut menjadi miliknya Umar Bin Khattab sahabatku tercinta”

Mendengar alasan tersebut, bergetar hati Umar dan langsung memeluk sambil menangis Abu Bakar.
Sungguh indah rasanya jika kita memiliki sahabat yang menginginkan semua saudaranya masuk ke istana surga. Semoga kita semua dipertemukan di surganya Allah SWT.

Apapun masalah kita alangkah baiknya dibicarakan terlebih dahulu, dan ceritalah kepada orang yang memiliki kapasitas atau bijak dalam mengambil keputusan. Dengan demikian semoga kegalauan kita cepat terselesaikan apapun masalahnya InsyaAllah.

E. Ahmad