Ilustrasi Kegelisahan Photo by @Haryosidik
Ilustrasi Kegelisahan Photo by @Haryosidik

Sahabatku semuanya, ketika kita tidak berhasil mencintai seseorang, chat enggak dibales-bales nungguin sampai berjam-jam bahkan berhari-hari tidak ada respon juga? Kayanya hampir sebagian besar anak muda sekarang baik laki-laki dan perempuan mengalami demikian.

Jangan pernah berputus asa dan berhentilah mengeluh dan galau. Maka segeralah alihkan cintamu kepada Allah SWT.

Lakukan semua perintah-Nya, laksanakan shalat 5 waktu dengan khusuk’, basahi lisan kita dengan berdzikir, asyiklah ketika membaca Al-Qur’an, berpuasa, sedekah, zakat, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Kegelisahan Photo by @Haryosidik
Ilustrasi Kegelisahan Photo by @Haryosidik

Maka pelarian cinta seperti inilah yang harusnya dilakukan, oleh orang-orang yang gagal cinta, termasuk saya. Pelarian cintanya tetap pada koridor dan ketentuan agama, bukan pada jalan yang dilarang oleh Allah SWT.

Karena kalau kita mengarah ke jalan yang di larang oleh agama, maka sesungguhnya itu adalah jalan yang salah. Oleh karena itu, kembali lah ke jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Lalu bagaimana caranya? Agar kita tetap istiqomah di jalan yang benar dan sesuai perintah agama? Salah satu nya adalah dengan perbanyak berdoa dan meminta kepada-Nya.

Nah gaes, ini ada doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

“Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

(HR. At-Tirmidzi 3522, Ahmad IV/302, Al-Hakim I/525. Lihat Shohih Sunan At-Tirmidzi 2792)

Dan Nabi Shalallahu alaihi wasallam juga berdoa dengan doa ini:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Ya Allah, Dzat yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk selalu taat kepada-Mu.” (HR. Muslim)

Nah itu doanya gaes agar kita tetap istiqomah di jalan Allah SWT.

Alhamdulillah kita udah tau nih doanya. Maka bisa saya katakan ini seperti resep dokter. Tulisan ini seperti resepnya, dan saya penulis ibarat dokternya. Skrg terserah pada temen-temen semua. Menebusnya gimana? Mau langsung dipratekkin dalam kegiatan sehari-hari atau malah disimpan dalam pikiran?

Jadi, untuk kids – kids jaman now tak perlu khawatir yah galau-galau tak jelas untuk sesuatu hal yang tak penting, masih ada loh cinta yang lebih indah dari pada yang kamu lihat.

Annazili M. Haqqi